Labu Kuning Buah Halloween yang Baik untuk Kesehatan

Labu kuning merupakan buah yang sering dipandang sebagai sayuran. Secara ilmiah labu kuning adalah buah karena mengandung biji. Namun, menurut beberapa penelitian ternyata nutrisinya lebih mirip dengan sayuran.

Labu dianggap sangat berguna dan mudah ditambahkan ke segala jenis makanan dari yang manis sampai gurih. Mulai dari buah, daun, hingga bijinya juga dapat dimanfaatkan. Banyak orang yang memanfaatkannya untuk sop, salad, makanan penitip, manisan, bahkan bisa juga dibuat selai. Buah satu ini juga ramah untuk dikonsumsi bagi orang yang berniat melakukan diet

Buah khas yang selalu ada dalam perayaan Halloween ini tidak hanya lezat saja. Banyak kandungan gizi di dalamnya sehingga tak heran jika punya manfaat bagi kesehatan. Berikut manfaat labu untuk kesehatan.

1. Labu Kuning Mengurangi risiko kanker dan penyakit kronis lainnya

Labu kuning dikenal kaya akan beta karoten, alpha karoten dan beta cryptoxanthin.. Tahukah Anda bahwa beta karoten itu semua merupakan antioksidan kuat yang bisa ditemukan pada buah dan sayur berwarna oranye.

Saat antioksidan tersebut tertelan, tubuh akan mengubahnya menjadi vitamin A. Mengonsumsi makanan yang tinggi akan vitamin A dapat bermanfaat untuk mengurangi risiko kanker dan mengurangi pengembangan jenis sel kanker tertentu. Selain itu, manfaat dalam beta karoten ini juga dapat melidungi asma dan jantung serta nengurangi risiko degenerasi makula yang disebabkan oleh usia.

Kanker dan penyakit jantung merupakan penyakit kronis yang disebabkan karena jumlah radikal bebas dalam tubuh terlalu banyak. Akibatnya muncul keadaan yang disebut stress oksifatif. Kandungan antioksidan di dalamnya membantu menetralkan radikal bebas yang dapat merusak sel dalam tubuh.

2. Mengatur  tekanan darah

Bagi Anda yang memiliki tekanan darah tinggi, buah ini cocok untuk dikonsumsi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, terdapat  kandungan  kalium yang cukup dimana ini  penting untuk menurunkan natrium dalam pengobatan tekanan darah tinggi. Perlu diketahui bahwa orang dengan tekanan darah tinggi harus mengurangi natrium. Cara yang bisa dilakukan untuk menguranginya adalah dengan konsumsi makanan yang mengandung sedikit atau bahkan tanpa garam.

Tekanan darah yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular. Konsumsi labu sangat diperlukan karena baik untuk jantung. Kandungan serat, vitamin C, dan potassium di dalamnya juga dapat menjaga kesehatan jantung.

3. Kaya nutrisi

Labu kuning menyediakan begitu banyak nutrisi di dalamnya. Nutrisi tersebut diantaranya vitamin C, kalium, vitamin B-6, tembaga, tiamin, mangan, folat, asam pantotenat, niasin, vitamin E, zat besi, fosfor, riboflavom, dan magnesium. Semua nutrisi di dalamnya memiliki begitu banyak manfaat untuk kesehatan. Labu yang diolah tanpa garam yang direbus atau dikeringkan bahkan lebih sehat. Misalnya saja dalam 245 gram olahan tersebut mengandung 2,7 g serat, 49 kalori, 0,17 g lemak, 12 g karbohidrat, 1,76 g protein, dan 0 g kolesterol.

4. Labu kuning untuk diet sehat

Labu kuning kaya serat dan padat nutrisi sehingga cocok bagi siapapun yang ingin diet. Kalori yang rendah juga menjadi alasan labu kuning dapat menurunkan berat badan. Sebagai makanan ramah untuk diet, menawarkan sedikit kalori dan merupakan sumber karbohidrat yang lebih sehat dibandingkan nasi dan kentang. Kandungan serat yang melimpah dalam labu kuning juga membantu menekan nafsu makan.

5. Labu Kuning Melindungi pengelihatan

Seiiring bertambahnya usia, penglihatan seseorang dapat berkurang. Labu menjadi solusiĀ  untuk menurunkan risiko kehilangan penglihatan. Seperti yang sudah dibahas pada poin sebelumnya bahwa kaya akan beta karoten. Apabila beta karoten tertelan, maka tubuh selanjutnya akan mengubahnya menjadi vitamin A.

Vitamin A inilah yang diperlukan untuk melindungi penglihatan. Orang dengan asupan beta karoten yang lebih tinggi memiliki risiko katarak jauh lebih rendah. Kandungan lutein dan zeaxhantin dalam juga terbukti mendukung beta karoten untuk mengurangi risiko katarak. Kandungan tersebut juga dipercaya dapat mengurangi risiko degenerasi makula karena usia.

Labu kuning menjadi salah satu makanan yang padat nutrisi dan memiliki berbagai macam manfaat yang baik untuk kesehatan. Jadi tidak ada salahnya untuk rutin mengonsumsi labu kuning agar tubuh menjadi lebih sehat.